Cara Mengembalikan Imei Hilang di Android Tanpa PC

Masing-masing ponsel android tentunya sudah memiliki nomor IMEI. Apa itu IMEI? IMEI merupakan kependekan dari International Mobile Equipment Identity yang merupakan suatu nomor unik yang diberikan pada setiap ponsel yang biasanya dapat Anda temukan identitas ini di belakang baterai setiap ponsel.

Pada setiap smartphone atau ponsel pastinya memiliki nomor IMEI yang tidaklah sama. Hal ini terjadi karena IMEI yang terdapat pada masing – masing ponsel tersusun atas kombinasi nomor – nomor unik yang berbeda antara satu ponsel dengan ponsel yang lainnya. Karena itu sebenarnya nomor IMEI suatu ponsel itu penting. Hanya saja IMEI ponsel dapat hilang karena beberapa sebab. Namun tenang saja karena Anda masih dapat mengembalikannya. Disini kita akan membahas bagaimana cara mengembalikan IMEI hilang di android tanpa PC.

cara mengatasi imei null

Cara Mengembalikan IMEI Hilang di Android Tanpa PC

Cara mengembalikan nomor IMEI hilang di android tanpa PC dapat Anda lakukan dengan mudah. Salah satunya dapat Anda terapkan dengan metode yang akan kami bagikan berikut ini. Hanya saja Anda perlu terlebih dahulu memanfaatkan akses rooting smartphone ketika ingin memanfaatkan metode yang satu ini. Jika sudah deal tak masalah walau menggunakan metode rooting, silahkan Anda terapkan langkah – langkah berikut ini setelahnya :

  • Siapkan smartphone yang Anda ingin tahu nomor IMEInya dan pastikan smartphone tersebut sudah diroot.
  • Cari nomor IMEI yang sudah tertulis pada perangkat Anda. Untuk ponsel dual SIM biasanya memiliki dua nomor IMEI yang dapat Anda temukan dengan cara dial atau panggil *#06# atau dapat Anda lihat di kotak HP waktu Anda beli dulu. Dapat juga Anda lihat di suatu tempat yang ada di dekat baterai kemudian catat.
  • Selanjutnya Anda unduh dan instalasi aplikasi MTK Engineering Mode App atau Mobile Uncle Tools. Tapi untuk menerapkan cara ini Anda perlu mencari akses wifi terlebih dahulu.
  • Jika sudah selesai diinstalasi kemudian pilih menu MTK Settings.
  • Pada menu Connectivity Anda bisa pilih CDS information. Setelahnya pilih radio information.
  • Di sebuah kotak terdapat tulisan AT+ dan disebelahnya Anda perlu ketik kode berikut ini (AT+”EGMR=1,7,” nomor IMEI yang Anda catat”). Kemudian setelah Anda ketik yang ada didalam kurung tersebut ketuk pada bagian send command dan jika benar maka akan muncul suatu pemberitahuan AT command is sent.
  • Jika memang ponsel yang Anda gunakan adalah ponsel dual sim untuk kodenya maka Anda ketikkan kode berikut (AT+EGMR=1,10”Isi IMEI SIM2 disini”) dan jika benar maka akan muncul suatu pemberitahuan AT command is sent.
  • Jika perintah yang Anda ketikkan tadi belum berhasil kemudian cukup Anda tambah spasi setelah AT ie.+EMGR bukan AT+EMGR. Selanjutnya restart ponsel android Anda tadi.
  • Ketika ponsel android Anda sudah kembali menyala kemudian silahkan Anda cek IMEI android dengan cara Anda tekan *#06#. Maka nantinya IMEI ponsel android Anda akan muncul atau dengan Anda lihat suatu informasi android di sebuah pengaturan ponsel dengan Anda masuk pada menu pengaturan kemudian pilih lihat about ponsel dan klik info maka akan selesai.

Itulah bagaimana cara mengembalikan IMEI hilang di ponsel android tanpa PC yang perlu Anda tahu. Semoga informasi yang kami berikan diatas menjadi informasi yang bermanfaat dan selamat mencoba.

Cara Mengembalikan Imei Hilang di Android Tanpa PC | admin | 4.5